Berapa Gaji STIN dan Tunjangan Yang Didapatkan

Pertanyaan tentang berapa gaji STIN dan Tunjangan yang didapatkan adalah pertanyaan banyak orang yang tertarik untuk menempuh pendidikan kedinasan ini.

Sekolah Tinggi Intelijen Negara atau STIN adalah sekolah kedinasan yang dimiliki oleh Badan Intelijen Negara dan termasuk salah satu sekolah kedinasan yang banyak peminatnya. Karena banyak yang menganggap bahwa gaji STIN dan tunjangan yang didapatkan cukup tinggi.

Tetapi perlu kamu ketahui juga, tugas dan pekerjaan saat lulus dari STIN juga sangat berat, karena kamu harus bisa bekerja untuk menjaga keamanan negara. Karena itu sebagai besar lulusan dari STIN akan bekerja di Polri sebagai Intelkam, di TNI sebagai Badan Intelijen Strategis dan bekerja di Badan Intelijen Negara atau BIN.

Tetapi tidak menutup kemungkinan alumsi STIN bekerja di bidang lainnya seperti di Imigrasi, Kementerian Hukum dan Ham, Kejaksaan Agung, Bea Cukai, dan Komisi Pemberantasan Korupsi. Dengan berbagai prospek pekerjaan yang bisa didapatkan lulusan STIN tersebut, maka tidak heran jika Gaji STIN dan tunjangan yang didapatkan cukup tinggi.

Tentang STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara)

Seperti dijelaskan di atas STIN adalah sebuah sekolah kedinasan yang dimiliki oleh Badan Intelijen Negara dan lokasi dari sekolah kedinasan ini ada di Bogor, tepatnya di Sentul.

Tujuan didirikannya STIN adalah untuk mempersiapkan taruna agar bisa menjadi anggota komunitas intelijen yang mempunyai kemampuan dan keahlian akademik serta ilmu pengetahuan, mengembangkan dan menerapkan kecerdasan, seni dan teknologi di bidang kesatuan NKRI atau intelijen.

Awal pendirian sekolah kedinasan STIN ini diawali di tahun 2002 oleh Jenderal TNI (A.D.) Dr. A. M. Hendropriyono dan di tanggal 9 Juli 2003 diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri.

Gaji STIN

Jika kamu penasaran dengan Gaji STIN lulusannya berapa, bisa dibilang gaji lulusan STIN adalah sama dengan gaji PNS atau ASN. Karena setelah lulus pendidikan di STIN, kan mendapatkan gaji ASN Golongan 3A yang ditempatkan kerja di sektor keamanan pemerintah.

Untuk gaji lulusan STIN sebagai ASN golongan 3A adalah sekitar Rp 1,3 juta sampai Rp 5 juta perbulan. Tetapi ini baru gaji pokok, karena masih ada tunjangan.

Tunjangan STIN

Selain gaji pokok, lulusan STIN juga akan mendapatkan tunjangan yaitu sekitar Rp 1,9 juta sampai Rp 26 juta per bulan. Nilai tunjangan ini dihitung berdasarkan kalkulasi kompleks berdasarkan hak yang didapatkan oleh seorang perwira.

Tunjangan lulusan STIN adalah sebagai berikut  : Tunjangan Suami atau Istri sebesar 5% dari gaji pokok, Tunjangan anak sebesar 2% dari gaji pokok, Tunjangan makan, dan Tunjangan jabatan.

Prospek Lulusan STIN Kerja Apa?

Dari gaji STIN yang disebutkan di atas, prospek karir dari lulusan STIN tergantung dari program studi yang dipilih. Di dalam STIN ada 2 program studi yaitu Program Itelijen Agen dan Program Analisis Intelijen. Untuk prospek karir atau pekerjaan dari lulusan STIN adalah sebagai berikut :

  • Pengangkatan menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN)

  • Bekerja di Badan Intelijen Negara (BIN)

  • Menjadi analis intelijen, intelijen polisi, intelijen militer, detektif, penyelidik, dan lainnya

Program Studi STIN

Ketika kamu tertarik mendartar sekolah kedinasan di STIN ada beberapa program studi yang bisa kamu pilih seperti :

  • Strata 1 (S1) dengan pilihan jurusan seperti : Jurusan Cyber Intelijen, Jurusan Agen Intelijen, Jurusan Ekonomi Intelijen dan Jurusan Teknologi Intelijen

  • Pasca Sarjana (S2) dengan pilihan jurusan seperti : Magister Terapan Intelijen Medik, Magister Terapan Teknologi dan Cyber, Chemistry dan Nuclear Hazard, Biological Hazard, Magister Terapan Intelijen Ekonomi dan Magister Kajian Intelijen

  • Program Doktoral (S3)

Sebelum kamu masuk STIN, ada baiknya kamu ikut BIMBEL STIN. Sehingga proses seleksi dan tes masuk STIN jadi lebih mudah.