Gejala TBC yang Patut Diwaspadai

Tuberculosis atau TBC merupakan penyakit pernapasan yang dapat menyebabkan kematian. Serupa dengan jenis penyakit lainnya, penyakit TBC memiliki beberapa gejala yang perlu untuk kita waspadai. Salah satu gejala TBC yang umum terjadi adalah batuk selama dua minggu lebih secara terus menerus. Batuk yang terjadi disertai dengan produksi lendir yang berlebih sehingga penderita TBC akan mengalami batuk berdahak.

Penderita TBC juga akan mengalami sesak napas dan nyeri pada bagian dada. Gejala tersebut umum terjadi karena bakteri penyebab TBC menghambat jalur oksigen yang akan masuk ke paru-paru. Pada malam hari, penderita TBC juga akan berkeringat secara berlebihan. Gejala ini disertai juga dengan rasa lemas pada tubuh dan sakit pada bagian sendi dan otot.

Gejala TBC lainnya adalah hilangnya nafsu makan. Karena batuk yang terjadi terus menerus, penderita TBC akan mengalami kesulitan menelan makanan. Kehilangan nafsu makan akan semakin sering terjadi ketika penderita sedang menjalani pengobatan. Hal tersebut merupakan dampak atau efek samping penggunaan obat TBC.